Breaking News
Loading...
Friday, October 16, 2015

Info Post



Kiat-kiat membangun tim sukses (Team Buiding) adalah suatu pengetahuan dan skill yang harus dimiliki bila mau jadi Tim Leader, Koordinator atau Manager. Siapapun yang membawahi tim mutlak mengenal dekat timnya, tahu kekuatan dan kelemahannya.
Kekuatan dan Kelemahan akan mewujudkan kesuksesan bila mampu menjalin kepaduan dan kerjasama didalam tim, itulah kenapa perlu Tim Building.

Tidak peduli pria, wanita, karyawan pada jabatan apapun, pinter-bodoh, tinggi-pendek dan lain sebagainya tidak bisa memungkiri pentingnya ada sinergi dengan yang lainnya.

Sinergi adalah kata kunci bagi anggota tim yang bersama-sama dalam tim untuk meraih sukses.

Kiat-Kiat Membangun Tim Sukses 

Tim yang terdiri dari anggota yang mengerti hak dan tanggung-jawabnya masing-masing.
Tim yang mempunyai visi sukses dan pantang mundur walau banyak tantangan menghadang untuk mencapai target yang telah ditentukan.

Walau Kita berasal dari komunitas yang berbedah-bedah, mungkin juga dengan latar belakang budaya dan religius yang berbedah pula. Jadi bagaimana bisa dibentuk dalam satu tim.?
Namun sebagai mahluk sosial kita selalu berada dalam satu tim atau kelompok yang akan bergerak seirama dan dinamika yang ada dalam tim. Untuk itu diperlukan kiat-kiat untuk membangun tim.

Kiat-Kiat Membangun Tim Sukses
 
Sebagai orang yang pernah membawahi tim tidak salahnya untuk berbagi bagaimana membangun tim, mencoba memberikan alternative kiat-kiat dalam membangun tim. Ditunjang dengan pengalaman orang lain yang dituangkan dalam buku-buku referensi.

Kiat-kiat untuk membangun sebuah tim agar tercapai kesuksesan haruslah didasari atas

  • Seluruh anggota tim mempunyai komitmen yang sama untuk mencapai target atau cita-cita. Sehinga bisa saling menerima dan menguatkan satu sama lain. Keberagaman bukan jadi masalah jadikanlah suatu kekuatan tim yang kompak.
  • Buatlah aturan-aturan standar sehingga anggota tim memahami peran dan posisinya masing-masing. Sebagai pedoman operasional setiap anggota tim.
  • Bangunlah harapan-harapan positiv bersama untuk menghindari gesekan. Hindari setiap anggota mempunyai harapan sendiri-sendiri. Bisa dilakukan melalui diskusi atau rembukan tim secara rutin.
  • Buatlah rencana aksi yang realistis dan bisa diterima semua anggota tim. Target yang terlalu bombastis bisa jadi boomerang bila tidak tercapai atau malah bikin malas-malasan.
  • Jangan menumpukan masalah, selesaikan masalah satu demi satu segera. Karena kalau masalah sudah menumpuk susah untuk diselesaikan.
  • Buatlah standar keberhasilan kerja yang jelas sebagai bahan untuk mengevaluasi kinerja tim. Besar kecilnya capaian bisa ditentukan bersama-sama. Sehingga anggota tim bisa saling mendukung untuk mencapai sinergi.
  • Keterbukaan (transparancy): Jangan ada yang ditutupi, Kecuali ada rahasia perusahaan atau dokumen rahasia lainnya. Semua anggota tim menerima informasi yang sama terutama berkaitan dengan pekerjaan dan reward yang akan diperoleh.
  • Perlakukan anggota tim sesuai Kinerja yang dihasilkan, jangan menganak”emaskan” seseorang hanya berdasarkan suka atau tidak suka (like atau dislike)
  • Adakan outbond atau rekreasi bersama anggota tim bila perlu ajak keluarga masing-masing untuk rekreasi. Bertujuan untuk relaksasi dari kerjaan sehari-hari sehingga lebih terjalin keakraban antar anggota tim dan keluarga.


                   Klik Vidio berikut ini untuk menggambarkan hebatnya kerjasama tim


     


 Jika Anda melakukan apa yang selalu Anda lakukan, Anda akan mendapatkan apa yang selalu Anda dapatkan, tapi Jika Anda siap dengan perubahan yang lebih baik bersama-sama, Anda akan mendapatkan jauh lebih dari yang Anda dapatkan sebelumnya”

“Tim Kreatif itu kerjanya kadang panas, kadang dingi. Ketika solusi kreatif sangatlah penting, ada gunanya mengatur tim secara paralel”
(Gareth Jones)

A championship team is a team of champions.

Kiat-KiatMembangun Tim (Team Building) ini bisa Anda tambahin sesuai dengan pengalaman masing-masing. Thanks



4 comments:

  1. Selamat Malam Kawan Blogger.
    Kami dari www.laporpolisi.com menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat;Apabila Anda menjadi korban penipuan online,harap segera laporkan di situs laporpolisi.com
    Situs laporpolisi secara online berbasis media social.Anda menjadi korban,segera laporkan.

    ReplyDelete