Breaking News
Loading...
Friday, December 18, 2015


Kesehatan milik siapa saja yang menginginkannya. Baik orang kaya atau miskin, maupun orang tua ataupun muda. Sesungguhnya mereka memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk hidup sehat dan panjang umur.

Sebagian besar orang tertua (lamanya hidup) di dunia bukan berasal dari keluarga kaya dan bukan pula dari kalangan orang terkenal. Mereka adalah orang-orang biasa dan malah ada yang hidup dibawah rata-rata. Jadi apa sie Rahasia Hidup Sehat Orang-Orang Tertua Di Dunia ?.

Walaupun Uang dan Harta Kekayaan bisa membeli segala hal kebutuhan hidup tapi tidak untuk Kesehatan dan Panjang Umur. Betul enggak ?

Secara umum bila disarikan rahasianya terletak pada “Pola Hidup Sederhana”. Artinya Harta dan kekayaan, serta Jabatan dan Popularitas tidak berkolerasi langsung dengan Kesehatan dan Panjang Umur.

Kalau dijabarkan lebih detail, ternyata ada 11 Rahasia Hidup Sehat 30 Orang Tertua Di Dunia;

1.Pola Pikir Sehat
“Pikiran adalah kekuatan yang sangat efektif. Tanpanya, setiap kekuatan hanya besar saja”. Karena itu tindakan-tindakan baik yang dilakukan manusia berpangkal pada pikiran Positif. Semua orang tertua yang mempunyai tubuh sehat karena memiliki pikiran positif

2.Bersyukur dan Berdoa
Bersyukur dan berdoa menurut keyakinan masing-masing memiliki kontribusi bagi kesehatan seseorang. Ibadah dalam agama membuat orang mengalami interaksi sosial dan persahabatan dengan orang lain, bisa mengurangi stress, depresi, serta meningkatkan kebahagian. Akibatnya orang yang lebih religious lebih dapat hidup lebih lama atau berumur panjang.

3.Pola Makan Sehat
Memberikan makanan yang sehat bagi tubuh akan menyehatkan tubuh kita. Kebiasaan orang tertua menerapkan pola makan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

4.Makan Secukupnya
Orang-orang tertua tidak pernah makan berlebihan dan tidak pernah sampai kekenyangan. “Makan sedikit hidup lebih lama”, kalau di Islam  “Makanlah ketika Lapar dan berhentilah sebelum kenyang”

5.Rajin Berolahraga
Rajin berolahrga memang baik karena selain menyehatkan tubuh juga memperpanjang usia. Seperti bersepeda, dll

6.Aktif Bergerak
Sebagian orang tertua di dunia, mempunyai kebiasaan aktiv bergerak tidak pernah diam atau pasif, mereka aktiv melakukan beragam kegiatan termasuk kegiatan sosial.

7.Kebiasaan Jalan Pagi
Sebagian besar orang-orang tertua mempunyai kebiasan berjalan kaki pagi hari, kebiasaan ini mempunyai dampak positiv dan berkontribusi besar bagi kesehatan mereka.

8.Gemar Makan Tomat (Sayuran)
Sebagian besar orang-orang tertua gemar makan tomat atau sayuran lainnya. Ternyata tomat baik untuk kesehatan mata juga untuk organ tubuh lainnya. Demikian sayuran lainnya baik untuk kesehatan.

9.Hidup Mandiri
Orang-orang tertua walaupun dikelilingi oleh keluarga besar: anak-anak, cucu dan cicitnya, mereka tidak manja dan tetap mandiri dalam bertindak dan bersikap, tidak menggantungkan hidup sama orang lain.

10.Gemar Membaca Buku
Beberapa orang tertua gemar membaca buku, mereka merasakan waktunya lebih bermakna daripada melamun. Mereka yakin dengan membaca buku selain menambah pengatahuan guna mengasah pikiran, juga mencegah kepikunan walau usia mereka bertambah tua.

11.Suka Memberi Sedekah
Sebagian  orang-orang tertua suka memberi sedekah. Dengan memberi sedekah berkolerasi dengan perasaan bahagia, yang dapat menyehatkan tubuh.

Bila pengin tau siapa saja yang dapat dikelompokan menjadi orang-orang tertua (lamanya hidup) bisa dilihat di 30 Orang Tertua di Dunia.






40 comments:

  1. Hidup dengan kekayaan harta benda tidak menjamin akan panjang umur. Walaupun memang umur hidup sudah ditentukan oleh Tuhan.... kita harus berusaha hidup dengan baik untuk menjaga kualitas hidup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul malah dengan hidup sederhana kualitas hidup lebih bisa terjaga dan bisa menjagaa kesehatan....

      Delete
    2. sekarang banyak makanan yang terbuat dari bahan yang aneh aneh... bikin ngga sehat. harus bikin sendiri masakannya ya

      Delete
    3. Btl kang....pa lagi mkn siap saji itu juga gak menyehatkan.

      Delete
  2. sangat diperlukan pengetahuan 11 rahasia hidup sehat ini agar kitapun menjadi lebih sehat dan panjang umur hingga tua

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga kita bisa meniru kebiasaan tsb...gak bisa seluruhnya minimal beberapa hal yg mudah aja..dulu.

      Delete
  3. wah, suka bersedekah juga bisa menyehatkan tubuh ya mas...dan akhirnya berumur panjang, hehehe.

    Alhamdullilah aku juga gemar makan tomat dan sayuran, smg aku panjang umur ya mas, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. orgn yg suka sedekah bikin pikiran dan jiwa teunang berkolerasi ke kesehatan fisik juga selaian itu juga bagian dari beribadah

      Delete
  4. Nah, kurang aktif bergerak dan masih mengeluh... ini nih, daku susah ngilannginnya, hihihi...tapi untunglah aku suka sayuran dan tomat mas, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. haaaaa...paling ada rasia yang sdh diterapkan ya...

      Delete
  5. Waah ternyata gemar membaca buku juga termasuk rahasia hidup sehat.. mantaapp nih... harus terus senantiasa dicoba kayaknya ya rahasia hidup sehat di atas, termasuk bersedekah hehehehehehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayooooo khan butuh biaya besar khan buat hidup sehat...sedekah juga ada yg gak pakai biaya kok...sedekah senyuuum..

      Delete
  6. terimakasih tipsnya perlu di coba demi kesehatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. moga bisa kita terapkan mencontoh org-orng yg bisa panjang umur tsb

      Delete
  7. saya belum bisa menerapkan semuanya nih mas,tapi mungkin untuk kedepannya saya bisa coba dilakukan perlahan ya mas.terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling gak ada bebarapa point yg bisa kita kerjakan dulu..

      Delete
  8. Eamng bener sering baca buku bisa bikin panajng umur??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa masuk akal...dgn baca buku nambah pengatahuan shg hal-hal yg akan berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan jiwa bisa dihindari, juga bika suasana rileks..akibatnya tercipta kesegaran tubuh dan sehat...ini yg berkolerasi buat panjang umur...itu menurut pengalaman 30 orang tertua itu

      Delete
  9. Akhir Umur seseorang emang tidak ada yang tau. Tapi kita harus tetap menjaga diri agar selalu sehat raga dan rohaninya.. Semua rahasianya harus kita terapkan supaya panjang umur... terimakasih infonya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih kembali...itu semua kebiasaan yang dilakukan oleh 30 orang tertua jadi berdasarkan pengalaman hidup mrka.

      Delete
  10. Wah.. saya kurang suka olahraga -_-

    Sedekah selain mendatangkan rizki ternyata bisa bikin umur panjang ya.. Subhanallah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya krn sedekah memberikan ketenangan jiwa selain pahala tentunya

      Delete
  11. 11 point yang sangat masuk akal untuk dilaksanakan, dan mudah-mudahan kita bisa melakukannya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin YRA...walaupun gak bisa seluruhya sebagian aja boleh la

      Delete
  12. 11 point yang sangat masuk akal untuk dilaksanakan, dan mudah-mudahan kita bisa melakukannya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin YRA...walaupun gak bisa seluruhya sebagian aja boleh la

      Delete

      Delete
  13. kalo saya untuk ponit yg ke 8, itu yg gak sama sekali, paling gak mau makan tomat, tapi kalo sayur yg lain ok, ok aja lah

    ReplyDelete
  14. Tindakan sederhana tapi ajaib hasilnya...
    Makasih Mas Agus sudah berbagi info yang sangat bermanfaat ini...
    :) :) :) :) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama...moga bermanfaat dn bisa diterapkan

      Delete
  15. 11 poin rahasia hidup sehat yang bisa memberikan efek positif kepada kita :)

    ReplyDelete
  16. 11 poin rahasia hidup sehat yang bisa memberikan efek positif kepada kita :)

    ReplyDelete
  17. Setuju...tidak hanya badannya yang sehat tapi juga jiwanya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak....dan semoga Kita bisa menerapkannya....walaupun hanya beberapa point saja

      Delete
  18. Gemar makan Tomat sering saya lakukan juga... namun beberapa kali juga kena omelan... hehe :D

    ReplyDelete
  19. Assalaamu'alaikum wr.wb... 11 tips yang baik untuk diamalkan agar sentiasa sihat menjelang tua. Kalau banyak makan pasti menimbulkan banyak penyakit pula. Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaalaikum salam wr wb..iya layak kita contoh...supaya masa tua tdk banyak penyakitnya....salam juga dr Bgr

      Delete