Breaking News
Loading...
Thursday, November 26, 2015

Tip Menghadapi Kejahatan di JPO - Jalan - Angkutan Kota - Taxi
"Buka Kaca Mata Mu - Waspadalah - Waspadalah"


Masih hangat dalam pembicaraan peristiwa penodongan yang menimpa Sapudin (28 tahun) Karyawan Swasta, hari Sabtu (21/11/2015) lalu di JPO Halte Busway Pondok Indah Mall I, Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Menurut info beliau ditodong pakai Gunting, namun untungnya beliau melawan dan berteriak sehingga penodong dapat diringkus dan dikeroyok warga setempat.

Tidak lama berselang dalam bulan yang sama di lokasi yang tidak berjauhan tempatnya, pada Minggu (22/11/2015), terjadi perampokan disertai perkosaan yang menimpa seorang Karyawati dalam perjalanan pulang dari tempat kerja.

Peristiwan tersebut terjadi sewaktu Karyawati (19 tahun) (tidak disebutkan nama untuk menjaga privasi ybs) asal Sumatera Barat menyeberang JPO Toll JORR Kawasan Pondok Indah, Kebayoran Lama Jakarta Selatan.  Mendekati JPO si Karyawati sudah dibuntuti oleh seorang Pria sampai di atas JPO, setelah jarak keduanya dekat Pria tadi menarik tangan Si Karyawati hingga terjatuh dan sambil menodongkan senjata tajam  meminta uang dan hand phone, sehingga mau tidak mau Uang Rp 200.000 dan Iphone 5 diserahkan. Tapi gak berhenti disitu aja, si Pria memperkosa si Karyawati di atas JPO, Hal ini dimungkinkan karena suasana JPO Gelap Gulita tidak ada penerangan ditunjang suasana sepi tidak ada orang lain yang nyeberang.

Peristiwa perampokan dan perkosaan ini sudah dilaporkan ke Sat Reskrim Polres Jakarta Selatan dan masih dalam proses pengusutan.

Belum lagi peristiwa-peristiwa perampokan yang terjadi di Angkot atau Taxi sudah tidak terhitung jumlahnya.

Menarik kesimpulan dari dua peristiwa Kejahatan tersebut diatas bahwa kejadian Kejahatan (penodongan – perampokan – perkosaan) dapat terjadi dikarenakan :
-Kejadian Malam Hari
-Tidak Ada Penerangan Yang Cukup
-Suasana jalan/Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Sepi
-Korban sendirian
-Korban tidak berani melawan

Untuk mengurangi resiko menjadi Korban Kejahatan di JPO – Jalan – Angkutan Umum  – Taxi, berikut:  Tips Menghadapi Pelaku Kejahatan di JPO – Jalan – Angkutan Umum - Taxi
  • Sebisanya jangan pulang dari kerja (bepergian) larut malam.
  • Sebisanya jangan pulang malam sendirian (apa lagi sampai larut malam), Apalagi Cewek bila terpaksa kemalaman mintalah teman, pacar atau saudara untuk menjemput atau mengantar pulang. 
  • Sediakan peralatan bela diri dan simpan dalam tas semisal: Botol Penyemprot yang diisi Air Cabe atau Setrum kejut (banyak dijual di toko-toko), asal jangan Sajam dan Senpi. Bisa digunakan bila ada indikasi Anda akan jadi korban Kejahatan
  • Berusaha belajar beladiri, sudah banyak penyedia jasa kursus kilat bela diri. 
  • Usahakan minta bantuan dengan cara berteriak minta tolong, bila ada indikasi pelaku kejahatan ada didekat Anda.
  • Lihat situasi JPO atau Jalan kalau Sepi dan Gelap usahakan jangan lewat sana, kalau mau naik Angkot jangan naik Angkot Kosong atau bagi cewek jangan naik angkot yang penumpangnya pria semua.
  • Lapor petugas berwajib bila ada indikasi kejahatan disekitar Anda.
  • Jangan lupa Berdoa untuk Keselamatan Perjalanan Anda.  


Waspadalah – Waspadalah

“Kejahatan terjadi bukan karena adanya Niat, Tapi karena adanya  Kesempatan”
“Jadi jangan Beri Pelaku. Kesempatan untuk Berniat Jahat”





11 comments:

  1. trimakasih tips2nya mas...sangat bermanfaat skali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks kembai Kang Santri...iya hany share apa yang diketahui aja...semoga bisa membuat waspada terutama teman-teman yg suka pulang malam (kerja or maen)...

      Delete
  2. Si Pelaku berinisial ITH (29 thn) akhirnya didor oleh Resmob hingga tewas pada Jumat siang (27/11/2015) sekitar pukul 12.00 WIB di Jl.Wijaya Jakarta Selatan...
    "Lanjutkan perjuangan Bpk-Bpk basmi Penjahat-Penjahat".

    ReplyDelete
  3. Memang terkadang kejahatan terjadi karena ada kesempatan. Waspada segala hal menjadi pilihan terbaik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget,,,harus selalu waspada...jangan kasih kesempatan penjahan tuk lakukan aksi nya...

      Delete
  4. tips bermanfaat bagi para pekerja yang sering naek JPO.
    terimakasih yah

    ReplyDelete
  5. duh serem ya... smoga kita lbh waspada... smoga pemerintah jg memperbaiki fasilitas jpo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haruuus waspada,,,kalo pulang malem..pa lagi kalo lewat JPO yg sepi..

      Delete
  6. Kalau di tempat kerja suamiku, ada peraturan karyawan cewek tidak boleh shift malam, atau lembur sampai malam. Maksimal jam 7. Dan katanya...peraturan itu harusnya ada di setiap perusahaan. Tapi faktanya, masih ada perusahaan yang ngasih jatah kerja cewek masuk jam 11 malam. Ngeriii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nach itu baru bener...gak ada shift malem buat cewek

      Delete