Breaking News
Loading...
Sunday, November 29, 2015


Sisi Gelap Pemanfaatan Face Book


Sisi Gelap Pemanfaatan Facebook tidak lain berupa penyalahgunaan fungsi Face Book sebagai sarana media sosial di tengah-tengah masyarakat.

Markc Zukerberg selaku pembuat dan CEO Facebook jelas mempunyai tujuan mulia dengan dirilisnya Facebook ini. Facebook didirikan sebagai perusahaan swasta pada tahun 2004 oleh Zuckerberg dan teman sekelasnya Dustin MoskovitzEduardo Saverin, dan Chris Hughes ketika menjadi mahasiswa di Universitas HarvardSebagai media sosial di dunia maya yang menghubungkan antara individu atau kelompok dari berbagai belahan dunia

Saat ini Jaringan Facebook sudah sangat besar dan luas, sudah menduduki peringkat teratas baik dari sisi jumlah pemakai dan jaringan. Mungkin saat ini sudah hampir semua anak  muda diperkotaan sudah memiliki account Facebook sendiri, juga diikuti kalangan dewasa laki-laki maupun perempuan. Karena Facebook sudah bisa di akses di HP tidak harus mengunakan account e-mail, bisa juga dengan no HP untuk mengaktivekan account Face Book.

Sudah banyak pengguna mendapatkan manfaat dari keberadaan Facebook ini, namun sebaliknya sisi gelapnya juga tidak kalah banyaknya.


    
  1).Penculikan

Umumnya yang menjadi korban penculikan adalah perempuan dan Anak Baru Gede (ABG) atau menjelang Dewasa, contoh kasus yang menimpa Agustini (21 tahun), Gadis Asal Cibinong ini diduga diculik teman Face booknya. Sampai saat ini keluarga gadis cantik ini masih meminta bantuan dari berbagai pihak agar ditemukan dan bisa pulang ke rumah. Pihak keluarga sudah mencari info via Facebook, Broadcast BBM, Koran Radar Bogor, juga mengunjungi tempat-tempat yang sering dikunjungi Agustini.

Bagi yang punya anak  ABG dan gemar ber “facebook” ria, hati-hatilah dan pantau aktivitas anak-anak, tanyakan mau kemana dan dengan siapa anak-anak mau berjalan . Penculikan terjadi karena anak-anak sudah bergaul dengan pihak-pihak luar yang tidak diketahui, membicarakan sesuatu yang orang tua tidak tahu dan tidak ada kontrol.


2).Perampokan Rumah

Para perampok sekarang sudah pada canggih-canggih sudah memanfaatkan media sosial. Mereka dapat saja mencari info keberadaan pemilik rumah melalui status di Facebook, juga media sosial lainnya seperti BBM. Jadi jangan sembarangan membuat Status Keberadaan Anda di Facebook dan BBM atau dengan siapa Anda dirumah.

Jangan karena iseng menulis status di Facebook seperti “|OTW Kantor|OTW Pasar|Home Alone|” Ini status memancing orang jahat untuk mendatangi rumah Anda, karena Dia pikir rumah Anda Kosong atau Anda sendirian di rumah.


3).Perselingkuhan

Perselingkungan dimulai dari perkenalan dari media sosial Facebook sudah sangat sering terjadi. Bubarnya pasangan hidup karena ketahuan perselingkungan juga sering diberitakan di media TV atau Koran. Mungkin dimulai dari kejenuhan hidup sehari-hari dengan pasangannya, terus iseng-iseng berkenalan dengan lawan jenis via Facebook, saling chatingan inbox, curhat-curhatan, timbul rasa simpati dan ketertarikan dilanjutkan dengan buat janjian ketemu disuatu tempat, terus merasa cocok dan nyaman, berlanjut dech Perselingkuhannya. Khan ada istilah “selingkuh itu indah”..heeeee.

Masih ingatkan kisah perselingkuhan Istri Pak Haji dari Makasar dengan seorang pemuda yang tinggal di Jakarta. Si Pemuda memang aslinya dari Sulawesi Selatan juga. Perselingkuhan mereka dimulai dari perkenalan di Facebook, chatingan inbox, tukaran no HP, janjian ketemuan di Makasar, terus sampai menginap di kos-kosan di  Makasar. Sudah dapat ditebak apa yang dilakukan oleh dua orang dewasa lain jenis sekamar berdua, gak lain lagi kalau “berhubungan badan kayak suami istri”. Tak urung Pak Haji keblingsetan ditinggal dua hari oleh si Istri Cantik, namun dengan mengerahkan anggotanya dapat ditemukan lokasi perselingkuhan si Istri. Akhirnya perselingkuhan berakhir dengan perceraian. Pada hal kalo akal sehat berjalan, si Istri sudah dipenuhi semua kebutuhannya, maklum Pak Haji khan pengusaha kaya, namun tetap aja si Istri selingkuh.

Gejala perselingkuhan melalui Facebook bisa dihindari dengan memfungsikan kembali manfaat Facebook itu sendiri yaitu untuk berjejaring sosial dalam hal pertemanan, persahabatan, bisnis dan bertukar info  bukan yang lain.

Karena Facebook dan media sosial lainnya tidak bersalah, yang salah orang yang memanfaatkannya. Belajarlah bijak bermedia sosial.


4).Penipuan

Penipuan dengan cara memanfaatkan Account Facebook Bodong atau Account Facebook orang lain yang sudh di hack, sehingga pemilik syah account itu tidak bisa akses lagi.

Account Facebook Bodong dibuat dengan memanfaatkan Photo Orang lain (kebanyakan photo cewek cantik) kemudian si pelaku menginvite teman, setelah di terima, lanjut chatingan inbox, beberapa saat kemudian mau pinjm uang atau minta sejumlah uangan dengan berbagai alasan bisa jadi alasannya untuk bayar kos-kosan, biaya berobat orang tua, biaya sekolah dan lain-lain.  Bahkan ada yang Minta Pulsa saja.

Penipuan dengan menggunakan Account Facebook yang di hack, sebagai sasarannya sudah tentu teman (freinds) yang sudah ada di list Account Facebook itu sendiri, dengan modus hampir sama dengan Account Facebook Bodong.

Jadi jangai hiraukan kalau ada  teman di Facebook yang baru dikenal sudah berani mau meminjam, meminta sejumlah uang atau meminta pulsa, bisa jadi itu dari Account Facebook bodong.

Bila  Account Facebook Anda dihack, cepat-cepat minta bantuan teman untuk menginfokannya di laman Facebook sehingga mereka tau kalau itu bukan Anda yang memakai account Facebook atas nama Anda. Juga minta bantuan teman yang ahli IT supaya dapat mengakses kembali Account Facebook Anda, dan setelah bisa diakses bikinlah password sesulit mungkin dan jangan lupa selaluusign out setelah selesai menggunakan account face book Anda.

Salam



28 comments:

  1. bener banget, sering dengar dan pernah tau sendiri beberapa orang yang saya kenal terlibat perselingkuhan hanya karena kenal dari Facebook >__<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu lah efek negatif atau sisi gelap bila facebook disalah gunakan dibuat iseng-iseng akibatnya bisa menghancuran rumah tangga sendiri

      Delete
    2. betul2.. duh jangan sampe deh, [-( belum tentu kenalan baru itu lebih baik dari pasangan kita ..

      Delete
    3. saya menyimak b aiy ya betul mb sangat banyak kasus seperti itu :)

      Delete
    4. Iya yg baru belom tentu lebih baik dari yg sdh kita miliki sebelumnya.

      Delete
  2. kayaknya yang no tiga itu paling sering dijumpai yah... hmmmmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benul or Betul Kag Zeer.....mungkin yg paling eunak kali ya...heeeee

      Delete
  3. bagaimanapun juga kita harus bisa memanfaatkan fb degan sebaik2nya yah... biar bermanfaat dan menekan sisi negatifnya... salam ngopi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kang....fungsikan FB sesuai rencana dan keinginan pencetus nya Mark Zukerberg CS, pastilah aman terhindar dari sisi negative nya.

      Delete
  4. media sosial ibarat pisau bermata dua,..kalo nggak hati2 bisa celaka,

    info yang asyik, ringan, dan pas..salam blogger mas agus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeeee...ya kalo salah ngasah dan salah make bisa melukai diri sendiri ya Maseteguh...heeee.
      Salam Bloges juga.

      Delete
  5. Emang ada beberapa orang yang memilih untuk tidak memiliki facebook karena alasan sisi gelap yang admin jelaskan diatas, sebenarnya kalau hanya ingin bersilahturahmi dari jaman dulu - dulu juga kita enggak ada facebook tapi tetap bisa mempererat hubungan silaturahmi dengan cara yang offline. Kembali ke pribadi masing -masing.Tapi facebook memang lebih banyak buruknya tinggal kita yang menyaring

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget...Sekali lagi kembalikan fungsi facebook atau media sosial lainnya sesuai tujuan pencetusnya, hindari menggali sisi negativenya, lebih banyakin sisi positive.

      Delete
  6. bener banget gan kalau kita tidak bisa memanfatkan teknologi untuk kebaikan sayang sekali ya.. makanya banyak korban gara gara teknologi.
    Semogamasyarakat kita menjadi orang cerdas dan tidak mudah dibodohi :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu semua gan...itu semua tergantung si pemakai teknologi media sosial..krn media sosial dibuat untuk tujuan baik semua...

      Delete
  7. semua sarana social tujuan nya positif bagi masyarakat, namun bagaimana si user saja yang salah dalam menggunakan, banyak kasus terjadi salah satunya FACEBOOK, penculikan, penipuan dan sebagainya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul baget...tergantung niat yg memanfaatkannya ya...

      Delete
    2. iya mas, bahkan sungguh disayangkan ya mas, jika salah penepatan dan memanfaatan secara negatif :(

      Delete
  8. memang hrs bijak ya menggunakan facebook spy ga dimanfaatin sm org2 yg berniat buruk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kita sudah bijak memanfaatkan FB lebih komplit lagi kalo ditambah hati-hati....

      Delete
  9. Facebook ada pro dan kontranya ya mas...banyak manfaat, tapi di salah gunakan.... semua karena kesalahan sendiri, yang privasi tidak seharusnya di sebarluaskan, supaya tidak terjadi hal hal yang negatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bangeeet harus pandai menjaga diri dalam memanfaatkan facebook

      Delete
  10. Negatif atau nggak tergantung penggunanya sih kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneeer bangeet kang...tergantung tujuan pemakainya

      Delete
  11. maaf baru mampir Kang :)
    Benar juga adanya seperti yg sudah ditulis di atas tentang sisi gelap atau sisi negatif dlm pemanfaatan media sosial. Yang paling penting adalah kehati-hatian ya kang... maklum namanya juga dunia maya, kadang masih ada seseorang yg memanfaatkan untuk tujuan negatif dan keuntungan pribadi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semua tu tergantung niat yg menggunakan medsos (fb) tinggal pilih mau dibawak kemana...kang

      Delete
  12. Hati2 n ambil sisi positif nya ajalah... Bisa share posting artikel yg paling penting... :>)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul itu yg paling penting share info bermanfaat

      Delete