Breaking News
Loading...
Wednesday, October 14, 2015

Info Post
Seperti dalam Alquran Surat Iqro’ atau surat Al ‘Alaq adalah surat yang pertama kali diturunkan pada Nabi Muhammad Rasul-shallallahu ‘alaihi wa sallam sewaktu bertemu Malaikat Jibril di Gua Hiro, disampaikan wahyu Allah SWT. “Iqra = Bacalah “Iqara = Bacalah” “Iqra = Bacalah”. Sampai 3 kali disuruh bacalah. Artinya betapa pentingnya membaca itu.
Bacalah

Surat ini diturunkan di Mekah. Di awal-awal surat berisi perintah membaca. Yang dengan membaca dapat diketahui perintah dan larangan Allah. Jadi manusia bukanlah dicipta begitu saja di dunia, namun ia juga diperintah dan dilarang. Itulah urgensi membaca, maka bacalah, bacalah!  Allah Ta’ala berfirman,
اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ (1) خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ (2) اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ (3) الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ (4) عَلَّمَ الْإِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ (5)
Bacalah dengan (menyebut) nama Rabbmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Rabbmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran qolam (pena). Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (QS. Al ‘Alaq: 1-5).

Surat ini adalah yang pertama kali turun pada Rasul–shallallahu ‘alaihi wa sallam-. Surat tersebut turun di awal-awal kenabian. Ketika itu beliau tidak tahu tulis menulis dan tidak mengerti tentang iman. Lantas Jibril datang dengan membawa risalah atau wahyu. Lalu Jibril memerintahkan nabi untuk membacanya.

Manusia bukan hanya dicipta, namun ia juga diperintah dan dilarang. Untuk menjelaskan perintah dan larangan ini diutuslah Rasul dan diturunkanlah Al Kitab (Al Qur’an). Oleh karena itu, setelah menceritakan perintah untuk membaca disebutkan mengenai penciptaan manusia.

Membaca itu akan memperkaya wawasan, itu pasti hampir semua orang tau dan setuju, tidak bisa dipungkiri lagi khan. Orang kalo mu pinter ya harus rajin membaca, tentunya bukan sekedar membaca, tapi membaca tentang pengetahuan, keterampilan, pengalaman hidup orang sukses. Supaya mendapatkan rahasia suksesnya juga, sebagai bahan pembelajaran, siapa tau bisa diterapkan.

Begitupun kalau Kita mau menulis sesuatu semisal Artikel di Blog, perbanyaklah membaca buku, majalah, koran atau artikel orang lain. Maka akan semakin kaya pula wawasan kita, dengan semakin kaya wawasan, semakin banyak pula ide yang bisa ditumpahkan dalam tulisan-tulisan Artikel, atau untuk keperluan lainnya.

Tidak harus membeli buku baru sebagai bahan bacaan bisa pinjam aja di Perpustakaan, atau pinjam punya teman, lebih ekstrim lagi datangin toko buku lalu numpang baca disana, tanpa membawa pulang bukunya. Kalau bawak pulang nanti di bawak ke kantor Security. hehhehehe
 Bacalah


Bacalah !

Selamat membaca, gali lah wawasan sebanyak mungkin !  Thanks kalo sudah membaca


4 comments:

  1. dengan membaca, semua ilmu akan didapat, banyak media sebagai perantara mencari ilmu, seperti buku...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak sumber ilmu...bisa online juga bisa offline (buku, dll)

      Delete
  2. sekarang maish banyak yang malah membaca. Parahnya kalau di socmed yang malas membaca ini suka gampang share berita tanpa dibaca isinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal membaca itu tuk nambah pegetahuan dn wawasan ya.

      Delete